11 Drama Korea anak sekolah, tidak selamanya tentang kisah cinta

  • Share

OtoMobile.id – Kehidupan sekolah tidak selalu menyenangkan bagi setiap orang yang menjalani fase tersebut. Ada banyak kisah yang barangkali tidak tunggal dan penuh beragam warna. Kisah cinta yang terjadi dalam kehidupan sekolah hanya bagian kecil dari cerita yang lebih kompleks.

Hal semacam itulah yang coba diangkat oleh beberapa drama Korea anak sekolah ini. Drama tersebut mengisahkan kehidupan para siswa yang penuh kemelut yang beberapa di antaranya sulit untuk dijalani. Mulai dari nasib buruk seperti perundungan dan bahkan kejahilan-kejahilan yang sudah melampaui batas kewajaran.

Walaupun begitu, drama Korea anak sekolah ini juga menampilkan sisi manusiawi dari kehidupan sekolah yang tak selalu hitam-putih. Ada karakter yang nakal sudah di luar nalar, tetapi pada saat yang sama menjadi seorang yang ringan tangan menolong sesamanya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (14/1), berikut 11 drama Korea anak sekolah, tidak selamanya tentang kisah cinta

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. All of Us Are Dead (2022).

Drama Korea anak sekolah berbagai sumber


foto: imdb.com

Bagaimana jadinya jika sekelompok siswa terjebak di sebuah sekolah lantaran manusia zombi sedang mengepung mereka? Hal itulah yang akan menjadi tesis dasar dari drama Korea All of Us Are Dead.

Drama ini merupakan adaptasi dari webtoon Naver Now at Our School karya Joo Dong-geun yang pernah dipublikasikan pada 2009 dan 2011. Drama ini bakal menjadi drama thriller yang akan mengawali drama Korea Netflix pada 2022.

2. The Penthouse (2020-2021).

Drama Korea anak sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak musim pertamanya tayang pada paruh kedua 2020 lalu, drama Korea The Penthouse menjadi salah satu yang menarik untuk diikuti. Drama Korea yang mengisahkan cerita kelam orang kaya yang selalu punya dendam masa lalu. Dendam tersebut tak bisa padam dan menuntut para karakter dalam drama ini selalu membalaskan semua kenangan pahit yang pernah mereka lalui.

Selain mengisahkan dendam orang kaya dan perselingkuhan, drama ini juga mengangkat isu perundungan. Hal ini terlihat saat Bae Ro-na, seorang murid perempuan biasa yang berusaha masuk ke sekolah seni bergengsi. Namun, kehidupannya di sekolah sering kali diganggu oleh Yoo Je-ni, seorang murid dari keluarga kaya yang suka melakukan hal yang semena-mena.

3. The Uncanny Counter (2020).

Drama Korea anak sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

The Uncanny Counter merupakan drama Korea yang diangkat dari webtoon berjudul Daum Amazing Rumour karya Jang Yi. Drama ini mengisahkan sekelompok anak SMA yang menamakan diri sebagai Counter.

Kelompok Counter ini bertujuan memburu roh-roh jahat dan masing-masing orang mempunyai kemampuan khusus yang berbeda-beda. So Mun merupakan pucuk pimpinan kelompok ini sekaligus satu-satunya kelompok disabilitas. Setelah kecelakaan yang merenggut kemampuan berjalannya, So Mun menjadi salah satu manusia super yang punya beragam kemampuan.

4. True Beauty (2020).

Drama Korea anak sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

True Beauty mengisahkan Lim Ju-kyung (Moon Ga-young) yang punya perasaan rendah diri karena penampilannya. Ia terus dijelek-jelekkan oleh keluarga dan diintimidasi teman-temannya karena dinilai tidak cantik.

Bosan dengan perlakukan tersebut, Ju-kyung pun belajar tata rias wajah dari video tutorial makeup di Internet. Ia kemudian berhasil mengubah penampilannya dan teman-teman sekolahnya memanggilkan dengan sebutan dewi. Walaupun bisa memperbaiki popularitasnya, Ju-kyung masih menganggap dirinya jelek. Sampai kemudian ia bertemu Lee Su-ho (Cha Eun-woo) dan Han Seo-jun (Hwang In-youp) yang sama-sama punya perasaan tulus mencintai Ju-kyung.

5. Beautiful World (2019).

Drama Korea anak sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Beautiful World berkisah tentang seorang anak laki-laki yang terluka parah karena insiden kekerasan di sekolah dan keluarganya yang mencari kebenaran serta memperjuangkan keadilan atas namanya. Semua bermula saat Park Sun-ho, anak Park Moo-jin dan Kang In-ha mengalami kekerasan dan bullying di sekolahnya sampai membuat anak tersebut hampir bunuh diri dan terluka parah.

Moo-jin yang juga menjadi guru di sebuah sekolah menengah dan In-ha sebagai penjual roti segera melaporkan kejadian tersebut pada pihak berwajib. Tak disangka, pelaku kekerasan tersebut adalah anak dari keluarga kaya dan juga ketua yayasan sekolah. Kedua orang tua Sun-ho berusaha keras agar kasus itu segera diproses dan menolak keinginan pihak sekolah untuk menutup kasus tersebut.

6. He is Psychometric (2019).

Drama Korea anak sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

He is Psychometric berkisah tentang Lee Ahn dengan kekuatan psikometri yang mampu membaca masa lalu dan rahasia seseorang hanya cukup dengan menyentuh kulitnya saja. Lee Ahn kemudian bertemu dengan Yoon Jae-in yang sering mengalami perundungan di sekolah karena ayahnya dianggap terlibat dalam sebuah pembakaran.

Mereka berdua kemudian berteman dan kelak dipertemukan kembali dalam situasi yang berbeda. Jae-in sudah menjadi polisi yang ingin membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah. Sementara Lee Ahn tetap menjadi orang terdekat Jae-in dan bahkan rela melakukan apa pun demi orang yang dicintainya.

7. Class of Lies (2019).

Drama Korea anak sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Class of Lies bercerita tentang pengacara bernama Gi Moo-Hyeok (Yoon Kyung-san) yang mendapat tugas untuk mengungkap kasus pembunuhan di sekolah elit. Tugas ini diberikan oleh pimpinan sekolah demi memperbaiki citra mereka di mata publik.

Gi Moo-Hyeok pun menyamar sebagai guru pengganti Gi Kang-jae di sekolah tersebut dan menyusuri semua bukti-bukti atas kasus pembunuhan siswa perempuan di sekolah tersebut.

8. Angry Mom (2015).

Drama Korea anak sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Angry Mom berkisah tentang perjuangan Jo Kang-ja yang mesti menyamar agar putri Oh Ah-ran tidak lagi menjadi korban perundungan teman-temannya di sekolah. Kang-ja merupakan ibu tunggal yang tidak mau pengalaman traumatisnya ketika remaja terjadi pada anak putrinya.

Walaupun Ah-ran tidak suka kepada ibunya sendiri, Kang-ja selalu berusaha melakukan hal terbaik untuk putrinya tersebut. Drama Korea ini menampilkan hubungan putri dan ibunya yang cukup sentimentil dan menguras air mata.

9. Solomon’s Perjury (2016).

Drama Korea anak sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Solomon’s Perjury berawal dari seorang siswa bernama Lee So-woo (Seo Young-joo) yang secara mengejutkan ditemukan tewas di halaman sekolah. Polisi dan pihak sekolah sepakat bahwa itu adalah kasus bunuh diri. Namun, beberapa hari kemudian, sebuah surat yang berisi pernyataan seorang saksi dikirimkan pada Ko Seo-yeon (Kim Hyun-soo), ketua kelas So-woo yang sekaligus putri seorang detektif polisi senior, menyatakan bahwa So-woo tidak bunuh diri, melainkan mati dibunuh oleh Choi Woo-hyuk (Back Cheol-min), berandalan sekolah yang kebetulan ayahnya adalah pria yang berpengaruh dan memiliki kuasa, CEO Choi (Choi Joon-Yong).

Perbedaan pemikiran dan kepentingan antara “orang dewasa” (pihak sekolah, orang tua, kepolisian) dengan “anak muda” (siswa sekolah) membuat Seo-yeon memutuskan untuk menyelidiki sendiri kasus kematian So-woo bersama dengan teman-temannya.

10. Save Me (2017).

Drama Korea anak sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Save Me mengisahkan tentang Im Sang-mi (Seo Yea-ji) yang memutuskan pindah dari Seoul ke sebuah desa terpencil bernama Muji-gun. Sang-mi dan keluarganya memilih pindah ke desa itu karena alasan ekonomi. Selain itu, sang adik Im Sang-jin (Jang Yoo-sang) menderita gangguan mental karena bullying di sekolah.

Sejak di tempat baru tersebut, Sang-mi dan adiknya harus menghadapi sebuah sekte bernama Goseonwon dan harus menghadapi berbagai kejadian misterius dan harus menghadapi kasus perundungan yang dilakukan sekelompok anak di sekolahnya yang membuat seorang siswa meninggal dunia.

11. Boys Before Flowers (2009).

Drama Korea anak sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Boys Over Flowers merupakan drama Korea yang mengisahkan tentang Geum Jan-di (Koo Hye-sun), seorang gadis yang berasal dari keluarga biasa. Jan-di memiliki toko laundry yang terletak di dekat sekolah Shin Hwa, sekolah paling bergengsi di Korea Selatan dan mendapat beasiswa dari sekolah tersebut.

Pada suatu hari, Jan-di hendak mengantarkan laundry milik seorang siswa Shin Hwa yang ternyata hendak bunuh diri karena stres. Siswa tersebut stres karena mendapat perundungan dari geng F4 yang terdiri dari Gu Jun-pyo (Lee Min-ho), Yoon Ji-hu (Kim Hyun-Joong), So Yi-jung (Kim Bum), dan Song Woo-bin (Kim Joon). Mereka semua adalah anak dari orang paling kaya dan paling berkuasa di sekolah Shinhwa dan di Korea Selatan. Jan-di kemudian menjadi perhatian dari kelompok geng F4 tersebut yang kelak menjadi cikal bakal kisah cinta antara Jan-di dan Ji-hu. Jan-di membuat kelompok F4 ini tak lagi suka melakukan perundungan kepada siswa lain.

(brl/pep)

  • Share