Dakar 2022 Etape 12 : Sam Sunderland Raih Lagi Gelar Juara

  • Share

Oto Mobile – Pereli tim GasGas Factory Racing, Sam Sunderland sukses menjadi Juara Dunia Reli Dakar 2022 untuk kategori motor, Jumat (14/11).

Sebelum Etape 12, Sam Sunderland unggul 6:52 detik dari rival terdekatnya Pablo Quintanilla (Monster Energy Honda). Pada etape dengan jarak kompetitif (special) 164 km tersebut, Quintanilla mampu tampil tercepat dengan raihan waktu 1 jam 40 menit.

Baca Juga : Rebellion Re-Volt Chrono Dakar Jam Spesial Seharga Mitsubishi Pajero Dakar 2017

Namun, Sam Sunderland tetap berhasil memastikan gelar Juara Dunia walaupun hanya finis kedelapan dengan gap 3:25 detik. Dengan hasil tersebut, membuat Sunderland tetap berada di puncak klasemen akhir kategori sepeda motor dengan gap 3:27 detik atas Quintanilla di peringkat kedua.

Tiga besar di Reli Dakar 2022 : Pablo Quintanilla (kiri), Sam Sunderland (tengah), Matthias Walkner (kanan)

“Saya sangat berterima kasih kepada tim dan kerja keras semua kru. Jujur, etape terakhir sangat berat, membuat stres dan membutuhkan navigasi bagus karena banyak tricky notes. Beberapa kali saya dibuat bingung karena tidak tahu apakah jalur yang saya ambil benar atau salah. Tetapi, saya tetap tenang dan terus melanjutkan lomba. Awalnya saya tidak yakin bisa memenangi Dakar 2022 ini, dan akhirnya mimpi saya menjadi kenyataan dengan meraih gelar juara dunia yang kedua,” ungkap Sam Sunderland.

Bagi Sunderland, inilah gelar kedua Reli Dakar dalam lima tahun terakhir setelah sebelumnya berhasil merebut pada 2017. Saat menguasai Reli Dakar 2017, Sunderland berstatus pereli tim pabrikan KTM. Sukses pereli asal Inggris tersebut juga menjadi gelar pertama GasGas di Reli Dakar.

Baca Juga : Dakar 2022 Etape 10: Peterhansel Raih Podium, Al-Attiyah Pukul Mundur Loeb Hingga Pasrah

Adrien Van Beveren gagal jegal Sunderland

Posisi ketiga, ditempati Matthias Walkner (Red Bull KTM Factory Racing) dengan gap akhir 6:47 detik. Di belakangnya, Adrien Van Beveren (Monster Energy Yamaha Rally Team) yang sebelumnya menjadi ancaman besar untuk Sunderland. Sayangnya, pereli asal Prancis ini hanya mampu finis di posisi ke-15 dengan gap 6:36 detik. Alhasil, dirinya gagal untuk merebut tahta Juara Dakar musim ini.

“Saya senang dengan hasil ini. Ini adalah balapan yang sangat sulit. Saya sudah melakukan yang terbaik. Ini adalah hasil yang baik bagi saya dan tim. Kami telah berjuang keras sejak hari pertama, sangat melelahkan secara fisik dan mental. Tetapi, saya sangat senang penampilan saya di musim ini. Saya ingin berterima kasih kepada tim saya atas kerja keras yang luar biasa selama dua minggu ini,” ungkap Pablo Quintanilla.

Berikut Hasil Etape 12 dan Klasemen Akhir kategori Motor Reli Dakar 2022 :

Klasemen akhir usai Etape 12

  • Share