Hari Ini 530.367 Peserta Ikut Seleksi Masuk Perguruan Tinggi di Jepang

  • Share

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

OtoMobile.id, TOKYO – Hari ini, Sabtu (15/1/2022) sebanyak 530.367 orang secara serentak mengikuti Ujian Umum Masuk Perguruan Tinggi di Jepang. Lokasi tes berada di 677 tempat di seluruh wilayah Jepang.

“Tes Umum untuk Penerimaan Universitas dimulai tahun lalu menggantikan Ujian Pusat Nasional untuk Penerimaan Universitas, dan ujian kedua akan diadakan pada tanggal 16 Januari besok, di 677 tempat di berbagai daerah di Jepang. Ujian tambahan akan diadakan pada tanggal 29 Januari 2022 dan 30 Januari 2022,” ungkap pejabat Kementerian Pendidikan Jepang, Jumat (14/1/2022).

Jumlah pendaftar tahun ini mencapai 530.367 orang, dan hasilnya akan digunakan untuk ujian masuk di 864 perguruan tinggi nasional.

Di National Center for University Entrance Examinations yang mengadakan tes umum, para peserta harus membawa hasil pengukuran suhu di “Health Observation Record”, tertulis pada booklet “Notes on Examination”.

Peserta juga diminta memakai jaket agar tidak kedinginan saat ventilasi tempat dibuka. Peserta diminta mempersiapkan pakaian musim dingin dengan baik.

Untuk peserta ujian yang terindikasi memiliki kontak dekat dengan orang yang terinfeksi corona maka diharuskan berbagai syarat, yakni negatif dalam tes PCR yang dilakukan oleh puskesmas, tanpa gejala pada hari ujian,
pergi ke lokasi tes tanpa menggunakan transportasi umum.

Baca juga: Tersangka Kasus Pembakaran Klinik di Osaka Jepang Tak Pernah Terima Uang Kesejahteraan

Hal-hal tersebut merupakan persyaratan untuk mengikuti tes di ruang terpisah. Tidak bersama peserta ujian lainnya.

Mengenai transportasi umum, “taksi”, “sewa”, dan “taksi laut” diizinkan dalam kondisi tertentu.

Karena penyebaran infeksi yang cepat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sudah melakukan seleksi tanggal 11 Januari lalu untuk memutuskan siapa saja yang diizinkan untuk mengikuti ujian.

Bagi yang tidak bisa ikut ujian maka diharuskan mengajukan permintaan yang tidak biasa ke universitas bagian tes umum.

Untuk Ujian Umum yakni tes sejarah geografi/sipil dari jam 09.30 pada tanggal 15 Januari ini.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang.

Info lengkap silakan email: [email protected] dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

  • Share