Jangan Coba-coba Install Aplikasi Android ini atau Dirampok!

  • Share

Jakarta, OtoMobile.id – Para pengguna Android patut waspada sebelum menginstall aplikasi di dalam smartphone mereka. Sebab, beberapa aplikasi diindikasi menjadi pencuri data pribadi pengguna.

Beberapa waktu lalu, Direktorat Tindak Pindana Siber Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia mengingatkan untuk jangan asal unduh (download) aplikasi yang merugikan. Polri juga menyebutkan daftar aplikasi yang ternyata dapat mencuri username dan password media sosial korban.

Dalam daftar itu ada 9 aplikasi yang ternyata telah di-install 5,8 juta kali. Berikut daftar aplikasi bermasalah tersebut:

1. Processing Photo
2. App Lock Keep
3. Rubbish Cleaner
4. Horoscope Daily
5. Horoscope Pi
6. App Lock Manager
7. Locket Master
8. Inwell Fitness
9. PIP Photo

“Modus operandi dari aplikasi tersebut adalah dengan merayu pengguna untuk mendaftarkan menggunakan akun Facebook, dan menjual credential-nya penipu,” tulis Siber Polri, seperti dikutip OtoMobile.id, Sabtu (15/1/2022).

Menurut Siber Polri, aplikasi itu berjalan normal. Jadi korban tidak akan curiga sama sekali dengan tindakan kejahatan di belakangnya.

Selanjutnya, Siber Polri mengingatkan pengguna untuk tidak mengunduh aplikasi atau dari sumber yang tidak terpercaya. Dengan begitu menghindari menjadi korban pencurian data.

Pihak Google diketahui langsung menghapus aplikasi bermasalah dan menangguhkan akun developer. Keputusan itu membuat mereka tidak dapat mengunggah aplikasi lain di Google Play Store.

[Gambas:Video CNBC]

(npb/npb)



  • Share