Kaum Mendang-mending Merapat, Ini Komparasi New Fortuner Vs Pajero Sport

  • Share
Jakarta

PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New Fortuner. Kini, Fortuner ada yang dilengkapi dengan mesin diesel 2.800 cc yang sebelumnya hanya tersedia dengan mesin diesel 2.400 cc dan mesin bensin 2.700 cc. Tak cuma itu, Toyota juga menghadirkan Fortuner yang lebih sporty, Fortuner 2.8 VRZ GR-SPORT 4×4 A/T yang jadi tipe termahalnya Fortuner.

Di segmen SUV ladder frame ini, pesaing terdekat Fortuner adalah Mitsubishi Pajero Sport. Kedua SUV ladder frame ini kerap salip-menyalip dalam hal penjualan mobil.

Keduanya sama-sama menawarkan desain ala SUV yang tangguh. Baik Mitsubishi Pajero Sport maupun Toyota Fortuner ini memiliki keunggulan masing-masing. Mulai dari desain eksterior, interior, hingga ketangguhan mesinnya punya keunggulan tersendiri.

Buat kaum mendang-mending, pilih New Fortuner atau Pajero Sport? Ini perbandingannya.

Desain Eksterior

Dari segi desain sebenarnya Fortuner dan Pajero Sport memiliki desain yang tangguh khas SUV. Desain gagah kedua SUV ini seakan siap dibawa ke mana pun, bahkan sampai medan berat sekalipun.

Toyota Fortuner 2.8 VRZToyota Fortuner 2.8 VRZ GR Sport. Foto: Dok. Toyota

Kemarin, PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Fortuner terbaru dengan mesin 2.800 cc. Secara tampilan sebenarnya tak jauh berbeda dengan Fortuner sebelumnya. Namun, Toyota juga menghadirkan Fortuner terbaru yang lebih sporty. Kini ada Fortuner 2.8 4×4 GR Sport.

Toyota Fortuner 2.8 VRZToyota Fortuner 2.8 VRZ GR Sport. Foto: Dok. Toyota

Dari segi tampilan, Toyota Fortuner GR Sport ini mengusung desain bumper dan grille yang lebih kokoh. Semua tipe Fortuner sudah dilengkapi lampu utama dan lampu kabut LED.

Kesan tangguh pada Fortuner juga terlihat dari garnish krom gelap pada grille yang dipadukan dengan bumper spoiler depan yang sporty. Khusus untuk tipe GR Sport, ada pelek Alloy dengan desain baru yang tampak lebih gagah.

Di bagian belakang juga terdapat bumper spoiler yang lebih elegan. Toyota Fortuner dibekali kick sensor with power backdoor untuk tipe GR Sport dan VRZ.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 Foto: Dok. MMKSI

Beralih ke Mitsubishi Pajero Sport, mobil ini hadir dengan bahasa desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors. Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi LED Active Cornering Lamp untuk membantu pengendara bermanuver di kondisi minim cahaya.

Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021 Foto: Dok. MMKSI

Kemudian di sisi samping, desain Pajero Sport 2021 tetap mempertahankan lekuk body yang gagah dan berkarakter. Di belakang, Pajero Sport hadir dengan power tail gate dengan kick sensor. Juga dengan desain rear combination lamp yang futuristik dan tetap mencirikan identitas Pajero Sport. Desain baru rear spoiler dan juga Shark Fin Antenna menambah kesan luxury.

Interior

Beralih ke interior, Toyota Fortuner khususnya GR Sport memiliki desain elegan dengan nuansa warna hitam. Tata letak Fortuner GR Sport juga memberikan image sporty.

Di dalamnya terdapat head unit 9″ dengan konektivitas smartphone, NFC untuk membaca e-toll, hingga voice command. Nuansa sporty GR Sport ada di bagian setir, start/stop button, hingga headrest cover.

Interior Toyota FortunerInterior Toyota Fortuner Foto: Dok. Toyota

Fortuner juga kini mengadopsi sistem Auto A/C with Dual Zone, memungkinkan pengemudi dan penumpang depan menentukan temperatur yang berbeda sesuai keinginan. Pengaturan jok untuk sopir dan penumpang depan tersedia dengan power seat adjuster.

Tak cuma itu, Fortuner terbaru juga memiliki wireless charger, drive mode (eco, normal, power mode), electro-chromic rearview mirror (memungkinkan spion tengah meredup jika terdeteksi ada cahaya menyilaukan dari belakang saat malam hari), serta rear seat entertainment with illumination untuk kenyamanan penumpang belakang.

Fortuner GR Sport dilengkapi surround monitor untuk memantau setiap sisi kendaraan untuk mencegah kecelakaan saat parkir.

Sementara Mitsubishi Pajero Sport facelift dibekali Head Unit 8″ dengan Smartphone-Link Display Audio (SDA), LCD Meter Cluster 8″, Multi Around View Monitor, New Design Dual Zone Climate Control AC, New Auto Dimming Rear-view Mirror, New Hand Free Steering Switch, New Floor Console, dan New AC Power Outlet. Fitur-fitur seperti sunroof hingga paddle shifters dipertahankan.

Mitsubishi Pajero Sport FaceliftInterior Mitsubishi Pajero Sport Facelift Foto: Dok. MMKSI

Khusus untuk varian Dakar Ultimate 4×2, Pajero Sport dilengkapi dengan balutan interior trim berwarna beige, dan roof monitor sebagai fasilitas entertainment keluarga.

[Lanjut Halaman Berikutnya: Perbandingan Spesifikasi dan Harga]

Simak Video “Baru Meluncur, Ini Harga Toyota Fortuner 2.8 dan Land Cruiser 300
[Gambas:Video 20detik]

  • Share