Hambalang Layak Dikembangkan Jadi Desa Wisata Berbasis Alam dan Religi

  • Share

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

OtoMobile.id, JAKARTA –  Desa Hambalang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dinilai mempunyai potensi besar untuk dikembangkan menjadi desa wisata berbasis wisata alam dan religi.

Menurut Kepala Desa Hambalang Wawang Sudarwan, Hambalang memiliki keindahan wisata alam yang mempesona seperti panorama perbukitan Hambalang.

Sedangkan atraksi wisata religi yang dimiliki desa ini antara lainwisata ziarah diantaranya makam Syeh M. Maulana Mansur, wisata ziarah makam Raden Ismail Sunsang, wisata ziarah ke Makam Mbah Haji Naimulloh, dan wisata ziarah ke Makam Mbah Raden Sumi Aji Wali Kontan.

Terkait potensi wisata ini, Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila (FP UP) berperan aktif dalam pengembangan desa wisata di Desa Hambalang yang berbasis alam dan religi.

Baca juga: Desakan agar KPK Segera Tuntaskan Kasus Hambalang dan Jawaban dari Komisi Antirasuah

Program pengembangan desa wisata ini merupakan hibah Riset Keilmuan Tahun 2021 kategori Riset Desa dan sekaligus  rencana skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Team pengembangan model terdiri dari Ketua Periset Yustisia Pasfatima Mbulu, S.ST.Par., M.Si, dan anggota periset Yosi Erfinda, S.ST. M.Par, Fetty Nurmala Rossi , S.ST., M.Par serta melibatkan sejumlah mahasiswa Fakultas Pariwisata UP.

Pada 10 Januari 2022 lalu, tim melakukan kunjungan dan bertemu dengan stakeholder untuk membicarakan potensi Desa Hambalang menjadi desa wisata.

Menurut stakeholder seperti pengelola Agrowisata Villa Bukit Hambalang dan wisata rekreasi, Desa Hambalang dapat dikembangkan menjadi desa wisata karena komponen produk wisata berbasis alam dan religi sudah sangat terpenuhi  seperti Wisata Rekreasi Kolam Renang, Miniatur Kota Suci Mekkah, dan Café Pemandangan Bukit Hambalang.

Saat ini hanya tinggal diperbaikin aspek yang masih kurang.

Baca juga: Menpora: Saya Tegaskan, Hambalang Belum Tentu Jadi Pilihan untuk Pemusatan Latihan

  • Share