Duster adalah 911-nya Perusahaan Kami

  • Share

Dacia adalah perusahaan otomotif asal Rumania yang didirikan pada 1966, lantas dijual ke Renault oleh pemerintah setempat pada 1999.

Sejak ditangani automaker Prancis tersebut, Dacia dengan cepat menjadi brand terkemuka di segmen mobil terjangkau Eropa.

Saat ini, pabrikan tersebut memiliki sederet sedan, hatchback, dan SUV yang sukses, ditambah kendaraan listrik termurah di Benua Biru.

Salah satu tambahan terbaru untuk keluarga Dacia adalah bos desain.

Miles Nurnberger bergabung dengan produsen mobil Rumania itu musim panas lalu, setelah lebih dari 14 tahun mengabdi untuk Aston Martin.

Dia bertanggung jawab atas desain DBX dan Valkyrie – dua kendaraan paling mengesankan dari brand Inggris tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Apa motif Nurnberger untuk meninggalkan sang automaker eksotis dan pindah ke merek murah? Wawancara terbaru bersama TopGear menyoroti filosofinya.

Nurnberger saat ini menjadi bawahan Laurens van den Acker, yang merupakan kepala desain Grup Renault.

Keduanya punya cerita masa lalu, karena pernah bekerja sama untuk Ford pada awal 2000-an.

Ketika Acker menelepon Nurnberger dengan tawaran untuk bergabung ke Dacia, “itu terjadi dengan cepat.”

Baru beberapa bulan menjalani pekerjaan barunya, Nurnberger sudah menjadi penggemar berat produk Dacia. Dan, di matanya, Duster adalah pilar utama perusahaan.

“Ini mungkin akan menjadi kalimat yang bagus – Duster adalah 911-nya Dacia,” kata Nurnberger kepada TopGear.

“Semangat, pencapaian, kekokohan – segala sesuatu tentang Dacia ada di sana dan diperkuat pada Duster. Merancang untuk juga pelanggan mainstream memiliki kesenangan tersendiri, karena Anda akan melihat mobil Anda di jalanan, digunakan, bahkan mungkin memilikinya sendiri. Itu jelas lebih sulit dicapai di Aston Martin,” tambahnya.

Bagi yang belum tahu, Duster adalah sport utility vehicle milik Dacia yang baru saja disegarkan dan menerima transmisi dual-clutch serta sistem infotainment anyar.

Ini adalah mobil yang sederhana, kuat, dan praktis, dengan versi yang tersedia menggunakan bahan bakar gas cair (LPG) dari pabrik, plus penggerak semua roda opsional.

Jadi, bagaimana, sama seperti 911, bukan?

  • Share