Toyota Fortuner Punya Model Baru, Ini Ubahannya

  • Share

Selain All New Land Cruiser, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga meluncurkan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru berupa New Fortuner.

Ya, mobil ini memang bukan berubah menyeluruh, melainkan hanya penyegaran ringan. Bahkan bukan pula sosok wujud dari Fortuner Legender yang hadir di Thailand, kemudian digadang-gadang masuk Indonesia.

Menurut Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, meski mengalami ubahan, namun Toyota Fortuner terbaru ini tetap dikembangan sebagai 7-seater dan masih menggunakan DNA model yang terdahulu.

“Seiring waktu, kami terus meningkatkan performa Fortuner dengan menghadirkan mesin-mesin yang bertenaga,” ungkap Anton saat peluncurannya.

“Mulai dari mesin bensin 2TR, lalu mesin diesel 2KD yang diteruskan dengan 2GD, hingga kini kami hadirkan pilihan mesin diesel baru yaitu 1GD yang menawarkan tenaga dan torsi yang lebih besar,” tambah Anton.

Nah, OLXers mau tahu lebih jelas apa saja yang membuat New Toyota Fortuner jadi berbeda, lihat ulasannya berikut.

Perbedaan

Toyota Fortuner

Eksterior dan interior

Secara garis besar memang tidak terlalu mencolok perbedaannya. Akan tetapi, jika dilihat secara seksama, Toyota Fortuner terbaru ini juga banyak penyegaran, khususnya untuk tipe GR Sport.

Ya, penyegaran terlihat jelas dari tampilan bumper depan dan belakang, grille, hingga desain foglamp dan juga velg.

Berikut penyegarannya Dauntless New Front Bumper Spoiler & Grille (GR Sport Type), with LED Headlamp & Foglamp (All Type), New Elegant Rear Bumper Spoiler (GR Sport Type), New Dashing Alloy Wheel (GR Sport Type), Kick Sensor with Power Backdoor (GR Sport, VRZ Type), New GR Grade Emblem (2.8 GR Sport Type), dan New GR Side Sticker (GR Sport Type).

Sementara itu, untuk penyegaran pada bagian interior antara lain New Sporty Interior Design (GR Sport Type), New GR Opening (GR Sport Type) on Advanced 9″ Head Unit Display (GR Sport Type, VRZ Type), New GR Steering Wheel (GR Sport Type), New GR Engine Start/Stop Button (GR Sport Type), New GR Headrest Cover (GR Sport Type), dan New Adaptable Auto A/C with Dual Zone (All Type)

Performa mesin 

Namun yang pasti, Toyota melengkapi New Fortuner tipe GR Sport dengan sistem penggerak semua roda (4×4) yang memakai mesin diesel 1GD-FTV dan dilengkapi dengan fitur Easy 4×4 Switch serta fitur Downhill Assist Control (DAC).

“Selain menghadirkan pilihan mesin baru yang lebih bertenaga, kami juga perluas varian GR Sport pada New Fortuner ke tipe 4×4 untuk melengkapi performanya yang kini menjadi terdepan di kelasnya,” tambah Anton.

Toyota Fortuner terbaru kini diesel yang memiliki output besar, berkat pilihan mesin diesel anyar berkode 1GD-FTV 2.755 cc, VNT Intercooler, yang menghasilkan tenaga lebih besar hingga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm.

Sementara untuk pilihan jantung pacu model lawas, masih mempertahankan mesin 2GD-FTV, 2.393 cc, 4 silinder, VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm pada 1.600 – 2.000 rpm.

Dengan adanya pilihan mesin diesel, maka tenaga yang dikeluarkan ini sebetulnya lebih besar 36 persen serta torsi lebih tinggi sekitar 25 persen.

Adapun dengan mesin 1GD-FTV diklaim mampu mencatatkan waktu akselerasi 0 – 100 km per jam lebih cepat yaitu 11,9 detik. Sementara mesin 2GD 14 detik, dapat berakselerasi pada 60 – 80 km/h, mesin 1GD mencatatkan waktu lebih cepat yaitu 2,8 detik, sementara mesin 2GD 3,7 detik.

Harga

  • 4×2 2.4 G M/T DSL (Spot Order) RP 521,6 juta
  • 4×2 2.4 G A/T DSL (Spot Order) Rp 539,2 juta
  • 4×2 2.7 GR Sport A/T (Spot Order) Rp 561 juta
  • 4×2 2.8 GR Sport A/T DSL Rp 597,9 juta
  • 4×2 2.4 GR Sport A/T DSL Rp 586,9 juta
  • 4×4 2.8 GR Sport A/T DSL GR SPORT Rp 684,5 juta
  • 4×2 2.8 VRZ A/T DSL Rp 580,9 juta
  • 4×2 2.4 VRZ A/T DSL Rp 570 juta
  • OLXers yang ingin berencana jual mobil lama kalian bisa langsung ke OLX Autos #JUJURLYAMAN.

  • Share