Daftar Ampere Aki Motor dan Estimasi Harganya

  • Bagikan
Daftar Ampere Aki Motor

Daftar Ampere Aki Motor – Aki motor adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai penyimpan dan pemasok energi listrik untuk sepeda motor. Aki motor sangat berpengaruh pada performa sepeda motor, terutama saat menghidupkan mesin dengan starter elektrik dan menyalakan sistem penerangan, klakson, dan lainnya.

Aki motor memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, tergantung pada merek, tipe, dan kapasitasnya. Salah satu spesifikasi yang harus diperhatikan adalah ampere, yang merupakan satuan untuk mengukur arus listrik. Ampere menunjukkan berapa banyak arus listrik yang dapat dihasilkan oleh aki motor dalam waktu satu jam.

Masalah Jika Salah Memilih Ampere Aki Motor

Memilih ampere aki motor yang sesuai dengan kebutuhan sepeda motor Anda adalah hal yang sangat penting, karena dapat mempengaruhi efisiensi dan daya tahan aki motor. Jika Anda menggunakan ampere aki motor yang terlalu besar atau terlalu kecil, maka dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti:

  1. Aki motor menjadi boros dan menurunkan performa sepeda motor.
  2. Aki motor menjadi cepat rusak karena tidak terisi penuh atau terlalu sering terisi.
  3. Spul dan kiprok sepeda motor menjadi lebih berat dan rentan rusak.
  4. Risiko korsleting menjadi lebih tinggi.
  5. Aki motor menjadi sulit dipasang karena ukurannya yang tidak sesuai.

Daftar Ampere Aki Motor

Oleh karena itu, SobatOtomo harus mengetahui daftar ampere aki motor yang cocok untuk sepeda motor Anda, serta kisaran harganya di pasaran. Berikut ini Otomobile ulas beberapa daftar ampere aki motor yang umum digunakan, beserta merek dan harganya:

Aki 3.5 Ampere

Daftar Ampere Aki Motor 3 5a

Aki 3.5 ampere adalah aki motor yang memiliki kapasitas arus listrik sebesar 3.5 ampere setiap jamnya. Aki 3.5 ampere biasanya digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin kecil, seperti bebek atau skuter. Beberapa merek aki 3.5 ampere yang tersedia di pasaran adalah:

  1. Aki Kering YUASA TYPE YTZ5S dengan harga mulai dari Rp. 190.000.
  2. Aki Quantum Federal Astra Otoparts, dengan harga mulai dari Rp. 206.000.
  3. Aki ASPIRA MF Kit Battery Astra Otoparts, dengan harga mulai dari Rp. 135.000.

Aki 4 Ampere

Daftar Ampere Aki Motor 4ah

Aki 4 ampere adalah aki motor yang memiliki kapasitas arus listrik sebesar 4 ampere setiap jamnya. Aki 4 ampere biasanya digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin sedang, seperti sport atau matic. Beberapa merek aki 4 ampere yang tersedia di pasaran adalah:

  1. MOTORBATT MTZ5S, dengan estimadi harga mulai dari Rp. 155.000.
  2. Otobat VRLA MF Motorcycle Battery, dengan harga mulai dari Rp. 95.000.

Aki 5 Ampere

Daftar Ampere Aki Motor 5ah

Aki 5 ampere adalah aki motor yang memiliki kapasitas arus listrik sebesar 5 ampere setiap jamnya. Aki 5 ampere biasanya digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin besar, seperti moge atau adventure. Beberapa daftar aki motor 5 ampere yang tersedia di pasaran adalah:

  1. Aki Yuasa YTZ5S MF, dengan harga mulai dari Rp. 320.000.
  2. Aki GS Astra GTZ5S MF, dengan harga mulai dari Rp. 260.000.
  3. Aki Kering KNZ GTZ5S GTZ-5S, dengan harga mulai dari Rp. 120.000.
  4. Aki GS Astra GTX5L MF, dengan harga mulai dari Rp. 250.000.
  5. Aki Motor MF Bosch AGM RBTZ-6VF dengan harga mulai dari Rp. 190.000.

Kesimpulan

Nah, itulah daftar ampere aki motor dan estimasi harga di pasaran yang harus Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mengganti aki motor Anda dengan yang baru. Jangan lupa untuk selalu merawat dan menjaga aki motor Anda agar tetap awet dan optimal.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *